banner
Dec 25, 2019
31 Views
0 0

9 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Written by
img

Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional,

yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Sungai Duku dan Pelita Pantai.

Tak hanya  itu di Pekanbaru banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Pekanbaru,

mungkin kamu  ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin kamu tidak akan kecewa apalagi apabila  kamu  berkunjung bersama keluarga ataupun teman pastinya akan lebih menyenangkan ya.

Berikut ini akan kami bahas dan rangkum 9 tempat wisata di pekanbaru yang wajib dikunjungi yang bisa kamu simak dibawah ini

  1. Tempat Wisata Kebun Binatang Sang Kulim

Tempat wisata yang pertama kamu  harus kunjungi di pekanbaru yaitu Kebun binatang Sang Kulim, kebun binsatang ini mempunyai  luas 10 hektar ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi keluarga di akhir pekan.

1. Tempat Wisata Kebun Binatang Sang Kulim

Tempat wisata Kebun Wisata Sang Kulim berada di Jl. H Usman Kubang Pekanbaru. Tempat wisata Kebun Binatang Sang Kulim mempunyai banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada anak-anak seperti, burung, monyet, ular, landak, dan masih banyak lagi.

Tak hanya  mengamati koleksi berbagai jenis binatang, tersedia arena untuk bermain anak-anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak.

Tak hanya itu kamu  juga bisa naik gajah. Tempat wisata Kebun Binatang Sang Kulim merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi terutama di akhir pecan.

Lahan hijau yang membentang luas bisa dimanfaatkan masyarakat untuk lesehan menggelar tikar sambil menyantap makanan bersama keluarga.

  1. Tempat Wisata Keluarga Riau Fantasi

Tempat wisata Riau Fantasi merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera.

2. Tempat Wisata Keluarga Riau Fantasi

Tempat wisata Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru, tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini mempunyai  luas sekitar 6,5 hektar.

Selain itu, tempat wisata di Pekanbaru ini dibagi menjadi wahana basah dan wahana kering.

Di zona wahana basah ada beberapa jenis kolam dan papan seluncur air, misalnya saja Adventure Pool. Di kolam ini terdapat beberapa menara yang dihubungkan dengan jembatan goyang.

Ada juga sebuah ember raksasa menggantung yang mampu menampung 3.000 liter air dan siap mengguyur kamu  saat telah terisi penuh.

Sementara di area zona kering terdapat berbagai permainan yang menguji adrenalin seperti Speedy coaster , Kora-kora, Wave blaster, Sky tower, dan Family swinger dll.

  1. Tempat Wisata Danau Buatan Lembah Sari

Tempat wisata Danau Buatan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang bernuansa alami. Lokai tempat wisata ini berada di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau.

3. Tempat Wisata Danau Buatan Lembah Sari

Limbungan ialah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru.

Pemandangan alam sekitar tempat wisata Danau Buatan Lembah Sari ini mempunyai  panorama yang sejuk, nyaman, indah dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan,

memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti memancing,  berenang, bersepeda air dan lain-lain. Sekarang ini banyak sekali investor tertarik ingin menanamkan modal mereka di danau ini.

Tak hanya tempatnya yang bernuansa alami, ketika kita berekreasi ke danau buatan yang mana disana terdapat pepohonan yang hijau dan sangat rindang,

juga baik untuk kesehatan mata. Melihat airnya yang tenang menghanyutkan hati untuk tetap hidup tenang seperti layaknya air, yang tidak pernah melawan arus, selalu saja mengikuti arus.

Di danau buatan lembah sari ini juga terdapat berbagai permainan, salah satunya ialah naik getek alias sampan kecil yang ditarik oleh mesin. Suasana akan lebih asyik ketika kita menaiki sampan kecil tersebut, berkeliling di atas danau.

  1. Tempat Wisata Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata Istana Siak adalah situs peninggalan kerajaan melayu yang pernah berjaya di bumi Riau. Tempat wisata Istana Siak Sri Indrapura dibangun pada tahun 1889 oleh arsitek jerman pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.

4. Tempat Wisata Istana Siak Sri Indrapura

Tempat Wisata  Istana ini masih berdiri kokoh sampai sekarang dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat Wisata  Edukasi layaknya Museum ini menyajikan aneka jenis benda peninggalan kerajaan dari peralatan, perhiasan,

hingga patung perunggu Ratu Wilhelmina dan Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari Batu Pualam dan Perhiasan berlian.

Di lantai dasar kamu  dapat menikmati koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wihelmina dan patung Sultan Syahrir Hasyim I.

Di lantai ini juga terdapat Gendang tua yang mempunyai  usia 200 tahun lebih. Sedangkan Lantai dua Istana dulunya merupakan kamar sultan dan kamar tamu, kamar-kamar tersebut sekarang dirubah menjadi tempat koleksi senjata pusaka sultan.

Terdapat juga lukisan Napoleon Bonaparte yang didatangkan asli langsung dari Perancis.

  1. Tempat Wisata Museum Sang Nila Utama

Tempat Wisata  Museum Sang Nila Utama merupakan museum warisan di Pekanbaru, Indonesia.

5. Tempat Wisata Museum Sang Nila Utama

Museum ini mengumpulkan dan menyimpan warisan-warisan yang berhubungan dengan Riau-Budaya Melayu seperti pakaian adat pernikahan, permainan tradisional, instrument-instrumen musik dan artefak-artefak tradisional lainnya.

Tempat Wisata  Museum Sang Nila Utama Lokasinya berada di di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru.

Di museum ini tersimpan berbagai macam aneka koleksi benda-benda sen dan budaya seperti pakaian adat, permainan rakyat seperti alat-alat musik dari berbagai daerah di Riau, gasing, dan benda-benda bersejarah provinsi Riau yang lainnya.

Tidak jauh dari dari museum Sang Nila Utama ini terdapat satu bangunan khas dengan arsitektur melayu yang kental yaitu Gedung Taman Budaya Riau, dimana gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pagelaran berbagai  macam jenis kegiatan budaya dan seni melayu Riau.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Aek Martua

Tempat Wisata  Air Terjun Aek Martua iadalah tempat wisata yang memiliki beragam keunikan dan keistimewaan tersendiri karena mempunyai  beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu.

6. Tempat Wisata Air Terjun Aek Martua

Tempat wisata Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Aek Martua ini ialah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya ialah Air Bertuah.

DI tempat wisata ini terdapat 3 air terjun yang indah dan spektakuler dengan jarak beberapa puluh meter di kawasan ini bervariasi mulai dengan ketinggian 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter.

Tempat wisata Air terjun pertama mempunyai  hamparan batu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan air terjun kedua mempunyai  kolam 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler ialah air terjun ketiga,

tentunya bagi mereka yang mempunyai  keahlian panjat tebing untuk menuju tempat tersebut. Berjarak 12 km dari Pasir Pengairan ke Simpang Tanggun dengan arah menuju Tapsel (Tapanuli Selatan), atau dibutuhkan 1 jam waktu tempuh perjalanan.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai

Tempat Wisata  Air Terjun Guruh Gemurai yang berlokasi di kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru.

7. Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai

Tempat wisata Air terjun ini cukup populer di Pekanbaru. Tempat wisata Air terjun ini mempunyai  dua aliran, air terjun ini mempunyai  suara yang bergemuruh.

Bagi Kamu  yang berkunjung ke Pekanbaru, tentunya tidak lengkap apabila Kamu  tidak mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru ini.

Tak hanya air terjun, pemandangan di sekitar juga sangat menarik. Tempat wisata Air dari air terjun guruh gemurai ini tertampung di sebuah kolam yang terdapat dibawahnnya.

Di kolam inilah biasanya para wisatawan berenang dan bermain air. Di sekitar lokasi air terjun guruh gemurai juga terdapat beberapa cottage yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

  1. Tempat Wisata Desa Okura

Tempat wisata ini bernama Wisata Dakwah Okura atau disingkat WDO, tempatnya tidak begitu jauh dari Pekanbaru,

8. Tempat Wisata Desa Okura

Perjalanan menuju Desa Okura dikelilingi tanaman hijau perkebunan sawit, jauh dari berisiknya kendaraan berlalu lalang membuat tempatnya terasa damai.

Di sini pengunjung bisa menikmati wisata Mulai dari bersampan, berkuda, memanah, berenang, motocross, downhill, airsoft, memancing, paint ball, bersepeda, outbond, camping hingga menikmati wisata budaya yang mengasyikan.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati wisata di WDO. Apabila  hanya ingin melihat dan menikmati suasana lingkungan gratis untuk siapapun.

Apabila  berkunjung dan ingin menggunakan kuda, ada paket wisata Joy Raide Rp30.000 per 30 menit.

Apabila ingin latihan bersama seorang guru, ada Private Lesson Rp 150 ribu per jam dan ada Practice Raider berupa sewa kuda bagi mereka yang sudah bisa berkuda tanpa guru dengan tarif Rp 100 ribu satu per jam.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Batang Kapas

Tempat Wisata  Air terjun Batang Kapas layak Kamu  kunjungi apabila Kamu  pencinta wisata alam sejati.

9. Tempat Wisata Air Terjun Batang Kapas

Tempat wisata Air terjun yang mempunyai  tinggi 150 meter ini benar-benar menawarkan keindahan dan artinya perjuangan. Tempat wisata Air terjun ini berlokasi di desa Lubuk Bigau,

kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Berjarak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru degan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini memang begitu perjuangan yang ekstra. Namun ketika Kamu  sampai ke lokasi air terjun ini Kamu akan melihat sebuah keajaiban alam yang tak terlupakan.

Demikian mengenai 9 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, apabila  kamu ingin bertanya tentang artikel ini, kamu  bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Article Categories:
wisata
banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *