banner
Jan 17, 2020
22 Views
0 0

#5 Daftar Wisata Kuliner Khas Yang Enak di Malang

Written by
img

Kuliner khas dan enak di kota Batu dan Malang – Kamu saat ini sedang liburan di Batu, atau mungkin sedang melakukan perjalanan bisnis ke Kota Malang.

Bingung nih mau makan apa ? atau mungkin bosan dengan makanan itu-itu saja. Ngga usah bingung sobat traveler, dua Kota ini punya banyak kuliner enak yang mungkin akan membuat kalian rindu dengan suasana Kotanya.

Apa saja makanan itu, yuk langsung meluncur ke TKP di bawah ini yang membahas daftar wisata kuliner khas kota Malang.

#1 Pos Ketan Legenda

Kamu mungkin sudah pernah menyantap ketan di daerahmu, namun di Kota Batu ada Ketan yang sangat hits lho di kalangan wisatawan.

Namanya adalah Pos ketan Legenda, lokasinya tepat berada di Alun-alun wisata Kota Batu. Jika kamu ingin mencoba kuliner ini, kamu harus siap untuk mengantri panjang dengan konsumen lainnya.

Peminat Ketan Legenda ini sangat banyak, mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa.

Kamu ngga suka ketan dengan rasa itu-itu saja, ngga usah khawatir, Pos Ketan Legenda menyajikan ketan dengan berbagai rasa kok, mulai dari rasa susu, ketan topping coklat, ketan topping keju, bahkan ketan durian, heeeumb yummiiie..

Pos ketan ini diklaim sudah ada dan melayani pembelinya sejak tahun 1967, waaaw sudah sangat lama ya, mungkin sebagian kita belum lahir pada tahun itu hehehe.

Setelah kenyang menyantap ketan, kamu bisa nongkrong deh di alun-alun Batu. Sobat traveler jika kamu sedang berada di Malang dan tidak memiliki banyak waktu menuju ke Kota Batu, kamu tak perlu khawatir ya.

Pos Ketan Legenda juga sudah membuka salah satu cabangnya kok di Kota Malang, alamatnya berada di kawasan Soekarno-Hatta Malang. Harganya juga tetap sama, untuk satu porsi ketan hanya dijual dengan harga 10-15 ribu saja, sangat murah bukan.

#2 Warung Sate Kelinci

Selain sate ayam, sate kambing, sate daging sapi muda ada satu lagi kuliner sate dari daging kelinci. Kalian mungkin bingung ya sobat traveler, apa mungkin hewan lucu itu dijadikan sebuah santapan.

Akan tetapi memang benar, di Batu sate kelinci ini sangat terkenal lho bagi wisatawan. Sate kelinci ini berlokasi di Jl. Patimura No. 126 Temas Kota Batu, tepat berada di jalur provinsi menuju kota.

Warung Sate Kelinci mulai didirikan pada tahun 2000, dan sate daging kelinci memang menjadi ciri khas dari restaurant ini. Oiya sobat traveler, selain sate kelinci, di tempat ini juga menyediakan sate kalkun lho.

Semua santapan lezat itu siap kamu nikmati bersama es dawet segar. Selain sajian makananan lezat, udara kota yang sejuk dan menyegarkan juga membuatnya semakin lahap bersantap ria. Heeeumb jadi semakin menggugah selera makan ya.

Satu porsi sate kelinci ini dijual dengan harga Rp. 37.000,- sedangkan satu porsi sate kalkun dihargai Rp. 45.000,-. Kamu bisa sangat puas dan kenyang karena daging sate yang disajikan juga cukup besar disetiap tusuk satenya.

#3 Soto Ayam GluGoe

Makanan khas lain yang berada di kota batu adalah Soto Ayam GluGoe. Soto ayam ini terletak di Jl. Drs. Moh Hatta No. 154 Pendem Kota Batu.

Soto ayam kampung yang satu ini disajikan dengan aksen yang berbeda lho sobat traveler. Bernama Soto Ayam GluGoe karena semua tempat penyajiannya berasal dari kayu kayu glugu atau kayu kelapa.

jika kebanyakan soto dimasak dengan menggunakan gas dari kompor, cara memasak Soto Ayam GluGoe dimasak menggunakan arang.

Dengan metode masak seperti ini membuat bumbu dapat meresap secara maksimal kedaging ayamnya.

Meski terbilang masih baru dan beberapa tahun lalu beroperasi, peminat dari Soto Ayam GluGoe ini sudah sangat banyak. Bahkan wisatawan asing juga sudah pernah mencicipi makanan berkuah khas Indonesia ini.

Sobat traveler, jika kamu ingin menikmati soto ini kamu bisa datang pada pukul 07.00 WIB hingga pukul  21.00 WIB.

Tapi jangan datang kepagian ya, jika terlalu pagi mungkin kamu harus sedikit menunggu pemanasan kuah yang berasal dari arang. Bisa jadi semakin ngiler kan nantinya heheheh.

Satu mangkuk Soto Ayam GluGoe ini dihargai Rp. 15.000,- dan jika masih ingin ditambahkan lengkap seperti jeroan, kulit ayam atau telur untuk satu mangkuknya dihargai Rp.20.000,- sangat  terjangkau kan sobat traveler.

#4 Puthu Lanang

Tuuuuuuuth…tuuuuuuuth… tuuuuuth. Itu bukan suara kereta api lho yaa, kamu pasti pernah melihat orang menjajakan makanan tradisional yang gerobaknya kecilnya mengeluarkan bunyi seperti itu kan.

Iya bener, jajanan tradisional itu biasa di sebut puthu, puthu ayu, atau puthu lanang, masing-masing daerah berbeda penyebutannya. Tapi hampir semua komposisi bahan dan cara membuatnya sama.

Di salah satu sudut Kota Malang juga ada lho jajajan tradisional ini, namanya Puthu Lanang. Lokasinya berada di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 73 RT 03 Klojen Kota Malang. Jajanan tradisional ini sudah ada sejak tahun 1935, 10 tahun sebelum Indonesia merdeka ya, hehehe.

Jajanan tradisional ini selalu ramai di datangi pembeli lho sobat traveler, tidak hanya berasal dari Malang saja, tetapi pembeli dari luar kota juga sering mampir karena penasaran dengan jajanan tradisional yang sangat melegenda ini.

Kamu bisa datang untuk mencicipi Puthu Lanang mulai buka pukul 17.00 WIB, sebaiknya kamu datang sewaktu sore, karena biasanya semua jajanan sudah habis dan tutup pukul 21.30 WIB.

Selain puthu, kamu juga bisa menikmati jajanan tradisional lainnya seperti cenil, klepon, dan lupis. Rata-rata untuk masing-masing makanan satu porsinya dihargai Rp. 10.000,- sangat ramah kantong ya.

#5 Bakso President

Kamu pasti sudah tak asing dengan makanan khas Kota Malang ini kan, yups, bakso memang sudah menjadi ikon kuliner Kota Malang.

Berbagai cara penyajian serta pelengkapnya menjadikan bakso sangat bervariatif. Kamu sudah pernah merasakan makan bakso di pinggir rel kereta api belum ? hihhhi terdengar cukup ekstrim ya.

Begitulah yang menjadi ciri khas dari Bakso President Malang. Lokasinya terletak di Jl. Batanghari no.5 Celaket Kota Malang, tepat berada di samping rel kereta api.

Sang pendirinya Bapak Sugito mulai bejualan pada tahun 1977, wahahah sudah sangat lama ya.

Dinamkan Bakso President karena dulunya warung bakso ini berada di belakang bioskop presiden yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi salah satu tempat perbelanjaan.

Para pembeli kebanyakan berdatangan dari luar kota, karena memang bakso ini sangat tenar dikalangan wisatawan.

Sensasi menikmati semangkuk bakso dengan bergetarnya meja saat kereta api melintasi depan warung bakso ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli.

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000,- saja kamu sudah bisa menikmati semangkuk bakso yang enak dan lezat, sangat cocok jika cuaca sedang mendung atau sinar matahari tidak terlalu terik.

Sebaiknya kamu datang pada hari senin-jumat, karena jika datang pada saat akhir pekan kamu harus rela mengantri dengan pembeli lainnya.

Heeeumb kamu jadi banyak referensi makanan lezat kan disekitaran malang raya, selamat menikmati sajian khas daerah kota dingin yaaa sobat traveler…

Article Categories:
wisata
banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *