banner
Jan 28, 2020
21 Views
0 0

#7 Rekomendasi Tempat Wisata Di Ambon Maluku Yang Menarik dan Mempesona

Written by
img

Ambon atau Amboina atau Ambonese ialah sebuah kota dan sekaligus ibu kota dari provinsi Maluku. Daerah ini juga dikenal dengan nama Ambon Manise yang berarti kota Ambon yang indah/manis/cantik.

Ambon adalah Kota terbesar di wilayah kepulauan Maluku dan menjadi sentral bagi wilayah kepulauan Maluku. Sekarang ini Ambon menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.

Ambon berbatasan dengan Laut Banda  disebelah selatan dan dengan kabupaten Maluku Tengah di sebelah timur (pulau-pulau Lease yang terdiri atas pulau-pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut),

di sebelah barat (petuanan negeri Hila, Leihitu, Maluku Tengah dan Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah yang masuk dalam kecamatan Leihitu, Maluku Tengah) dan di sebelah utara (kecamatan Sala Hutu, Maluku Tengah).

Ambon sendiri adalah sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Ambon,

apabila  kamu  ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin kamu tidak akan kecewa apalagi apabila  kamu  berkunjung dengan sanak saudara,

pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan. Berikut ini ialah 7 daftar Tempat Wisata Terbaik di Ambon yang wajib harus kamu  kunjungi apabila  kamu  sedang berkunjung ke Ambon.

  1. Tempat Wisata Pantai Liang

Tempat Wisata Pantai Liang ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Hunimua, Pantai Liang berada  di Desa Liang Kecamatan Salahutu sekitar 40 KM dari pusat kota Ambon.

1. Tempat Wisata Pantai Liang

Tempat wisata Pantai Liang ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1991.

Tentu hal ini bukan tanpa alasan, tempat wisata di Ambon ini mempunyai hamparan pasir putih dipadu dengan air jernih kebiruan yang membuat Kamu  tak pernah bosan menikmati keindahannya.

Pantai ini benar-benar indah dengan pasirnya yang putih dan airnya yang masih jernih, membuat kamu  akan betah berlama-lama di pantai ini.

Ombak di Pantai Liang tidak terlalu tinggi, jadi jangan takut untuk bermain air di tepiannya. Di Pantai ini terdapat tebing karang yang menjorok ke laut dan dibawahnya mempunyai  lubang yang terlihat seperti pintu,

tebing yang dihantam oleh ombak malah menambah keindahan pantai, hal tersebutlah yang menjadi keistimewaan dari Pantai Pintu Kota. 

  1. Tempat Wisata Pantai Santai


Tempat Wisata Pantai Santai berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, sekitar 17 km dari pusat kota Ambon.

2. Tempat Wisata Pantai Santai

Tempat wisata Pantai Santai mempunyai  karakteristik pasir putih dengan pantai yang cenderung landai. Airnya masih jernih dan dangkal.

Karena karakteristiknya tersebut, Pantai Santai lebih aman untuk berenang. Di Pantai Santai, Kamu  juga bisa snorkelling, diving dan menyelam.

Sesuai dengan namanya,  tempat wisata pantai ini pas sekali digunakan sebagai lokasi untuk bersantai baik sendiri maupun bersama kawan, sahabat maupun keluarga.

Lelah dan bosan dengan rutinitas harian akan terbayar lunas di tempat wisata di Ambon ini. Untuk pencinta diving, Pantai Santai mempunyai operator diving yang siap melayani Kamu .

Dengan catatan, Kamu  harus memesan beberapa hari sebelum kedatangan. Tersedia juga spot diving yang ditawarkan cukup bagus dan mudah diakses dari pantai.

Waktunya hanya beberapa menit menggunakan kapal motor. Sehingga membuat liburan kamu menjaid lebiah menyenangkan. 

  1. Tempat Wisata Air Panas Hatuasa

Tempat Wisata Air Panas Hatuasa  adalah pemandian air panas dengan sumber air berasal dari bukit ini suhunya berkisar antara 57-70oC.

3. Tempat Wisata Air Panas Hatuasa

Letaknya berada di tengah Hutan Hatuasa, dengan berendam air hangat di sini, kita tak hanya akan merasakan nikmatnya air yang hangat itu akan tetapi semilir angin membelai tubuh juga menyegarkan.

Hatuasa sendiri berasal dari dua kata. Yang pertama ialah Hatu berarti batu dan kata Asa yang artinya gosok.

  1. Tempat Wisata Monumen Patung Martha Christina Tiahahu

Tempat Wisata Monumen Patung Christina Martha Tiahahu didirikan di kota Ambon sebagai bentuk penghargaan jasa pahlawan wanita yaitu Christina Martha Tiahahu.

Tempat-Wisata-Monumen-Patung-Martha-Christina-Tiahahu

Beliau melakukan aksi mogok makan dan kemudian jasadnya dibuang ke laut. Bagi Kamu  yang tertarik berkunjung ke wisata budaya, monumen Patung Christina Martha Tiahahu bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata Kamu .

Letak monumen ini di bukit Karang Panjang, terlihat jelas sekali dari pusat Kota Ambon.

Bagi kamu  yang menyukai wisata budaya, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu . Tempat wisata Monumen yang satu ini pun bisa tampak jelas apabila kita melihatnya dari pusat Kota Ambon.

  1. Tempat Wisata Benteng Amsterdam

Tempat Wisata Benteng Amsterdam adalah  benteng kedua di Ambon yang dibangun setelah Kastee van Verre.

5. Tempat Wisata Benteng Amsterdam

Sebelum menjadi benteng pertahanan, tempat wisata di Ambon ini ialah tempat penyimpanan rempah-rempah hasil rampasan.

Banteng Amsterdam ialah salah satu benteng peninggalan penjajah di Ambon yang dibangun pada tahun 1512.

Tempat wisata Benteng Amsterdam memiliki bentuk  yang layaknya rumah biasa yang terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama menjadi tempat tidur para prajurit.

Lantai kedua digunakan sebagai ruang pertemuan dan lantai ketiga ialah pos pemantau. Selain dari lantai tiga bangunan utama, masih ada sebuah menara yang juga digunakan untuk memantau keadaan sekitar.

Benteng Amsterdam ini merupakan benteng peninggalan Belkamu  dimana sebelum menjadi benteng ialah sebuah loji milik Portugis sebagai tempat penyimpanan rempah terutama pala dan cengkeh.

  1. Tempat Wisata Museum Siwalima

Tempat Wisata Museum Siwalima lokasinya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Ambon.

6. Tempat Wisata Museum Siwalima

Museum Siwalima merupakan sebuah museum yang sama halnya dengan museum-museum pada umumnya yang ada di indonesia, museum ini mempunyai  berbagai koleksi benda-benda yang bernilai seni dan budaya.

Di museum Siwalima ini terdiri dari dua buah bangunan utama, bangunan pertama merupakan sebuah museum Etnografi dan bangunan kedua merupakan sebuah museum Kelautan.

Pada bangunan yang dijadikan sebagai Museum Etnografi terdapat berbagai jenis barang-barang yang berkaitan dengan seni dan budaya yang berasal dari suku asli Maluku seperti pakaian adat,

perabotan rumah tangga, barang-barang kerajinan, miniatur rumah adat dan lain-lain. Sedangkan pada Museum Kelautan terdapat berbagai barang-barang yang berkaitan dengan kelautan pada masa itu,

museum ini juga mempunyai  3 buah kerangka ikan raksasa yang masing-masing kerangka mempunyai  ukuran sekitar 9,17 dan 19 meter. 

  1. Tempat Wisata Masjid

Tempat Wisata Masjid Wapauwe merupakan masjid yang unik karena masjid ini terbuat dari pelepah sagu, pada bangunan masjid ini kamu  tidak akan pernah menemukan paku.

7. Tempat Wisata Masjid Wapauwe

Di Masjid ini terdapat Al Quran yang ditulis oleh tangan, di sini kamu  juga dapat melihat sebuah timbangan beras yang sudah berumur lama, dulunya timbangan tersebut digunakan untuk menimbang Zakat Fitrah.

Selain keunikan dari bahan bangunannya, masjid ini mempunyai keunikan lain, banyak masyarakat yang percaya apabila  bangunan masjid ini dapat berpindah tempat dengan sendirinya.

Masjid ini sudah berumur cukup tua, pada awalnya dibangun pada tahun 1414 di Wawane, tapi seiring berjalannya waktu bangunan masjid kemudian dipindahkan ke Tehala oleh masyarakat.

Bangunan Masjid Wapauwe kini berada di Desa Atetu atau Katetu, bangunan tidak dipindahkan masyarakat tapi menurut masyarakat bangunan itu berpindah sendiri ke Atetu menjelang subuh.

 

Article Categories:
wisata
banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *