banner
Apr 9, 2020
23 Views
0 0

#8 Tempat Wisata Rekomended Di Bukit Tinggi Yang Perlu Kamu Kunjungi

Written by
img

Kota Bukit Tinggi berupakan kota yang berada di Bagian utara Sumatera Barat ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan berbagai macam tawaran kuliner yang sungguh enak.

kota Bungkit Tinggi ini memiliki udara yang sejuk, serta ramai di kunjungi para pelancong saat musim liburan tiba.kamu yang suka melancong wajib memasukan Kota Bukit Tinggi sebagai salah satu Kota tujuan kamu nantik saat mau liburan.

Berikut ini akan kami bahas 8 tempat wisata di Bukit Tinggi yang menarik untuk kamu kunjungi :

  1. Tempat Wisata Janjang Ampek Puluah

Tempat wisata di Bukit Tinggi pertama, Janjang Ampek Puluah. Fungsi dari tangga ini untuk menghubungkan anatara pasar bawah dengan pasar atas, jadi lokasi tempat wisata Janjang Ampek Puluah di Bukit Tinggi ini tidak jauh dari sekitaran jama gadang dan pasar Bukit Tinggi.

1. Tempat Wisata Janjang Ampek Puluah

Kenapa kamu harus berkunjung Janjang Ampek Puluah kalau ke Bukit Tinggi?? selain lokasinya tidak jauh dari jam gandang dan Pasar wisata Bukit Tinggi, tangga ini tuh terbilang unik.

Sebab dari kejauhan kamu bisa menikmati pemandangan pasar wisata Bukit Tinggi, selanjutnya kamu bisa berfoto disini, dijamin pemandangannya bagus banget.

  1. Tempat Wisata Istana Bung Hatta

Tempat Wisata Istana Bung Hatta atau yang dikenal dengan Gedung Negara Tri Arga ini lokasinya tepat ada dekat taman Jam Gadang.

2. Tempat Wisata Istana Bung Hatta

Tempat Wisata Istana Bung Hatta pada zaman dulu dimanfaatkan sebagai tempat istana wakil presiden pertama Indonesia yaitu pada tahun 1946,

selanjutnya pada tahun 1947 Istana Bung Hatta digunakan untuk Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Nama gedung Istana Bung Hatta dengan tujuan untuk mengenang jasa Bung Hatta sebagai proklamator Indonesia.

Tempat wisata Istana Bung Hattta sekarang ini tidak di buka buat umum , hanya untuk seminar atau pertemuan-pertemuan tingkat nasional saja.

Namun  jangan kecewa dulu, sebab letaknya dekat jam gadang jadi kamu bisa jalan kaki sebentar ke Istana Bung Hatta untuk sekedar mengabadikan moment kamu.

  1. Tempat Wisata Lubang Jepang

Tempat Wisata Lubang Jepang merupakan sebuah bunker yang dibangun pada saat Jepang menjajah tahun 1942. Fungsinya ialah untuk pertahanan.

3. Tempat Wisata Lubang Jepang

Cara pembangunan Lubang Jepang ini dikerjakan dengan kerja secara paksa atau romusha. Untuk Pekerjanya berasal dari daerah Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

karena Jumlah anak tangganya lumayan banyak jangan mengajak  pengunjung lansia untuk memasukinya.

Untuk masuk ke Lumbang Jepang kamu akan dikenakan Harga tiket masuk Lubang Jepang ialah sekitar Rp 6.000,-.

tapi kalau kamu menyewa pemandu wisata maka akan dikenakan tambahan pembayaran sebesar Rp 20.000,-.

(disarankan agar supaya kamu memakai jasa pemandu wisata ya karena banyak sekali terowongan dan ruangan disini. Ditambah tempat wisata Lubang Jepang mempunyai kemampuan untuk meredam suara dengan baik).

Tempat Wisata Lubang Jepang mempunyai beberapa ruangan di dalamnya, antara lain ialah ruang penyergapan, penjara, ruang pengintaian, sampai dengan gudang senjata.

Dan sekarang ada tambahan seperti café dan ruangan untuk pertunjukan mini theater. Selain itu, terowongan ini memiliki ujung atau tembusan ke beberapa lokasi.

Bila kamu ingin berburu cinderamata khas dari sini, kamu bisa ke Taman Panorama/Pesona yang memiliki beberapa kios yang menjual cinderamata dengan harga terjangkau.

  1. Tempat Wisata Benteng Fort de Kock

Dahulu nama awal benteng ini ialah Sterrenschans, dibangun  di atas Bukit Jirek. lalu  Lalu  namanya berubah menjadi Fort de Kock, yang diganti Hendrik Merkus de Kock, dia ialah salah satu tokoh militer Belanda.

4. Tempat Wisata Benteng Fort de Kock

Beberapa tahun kemudian, kota di sekitar benteng ini berkembang menjadi sebuah kota yang juga diberi nama Fort de Kock, dengan seiring berjalannya waktu lalu  berganti nama Bukittinggi,

sampai sekarang.dan sekarang kawasan Benteng Fort de Kock ini menjadi Taman Kota Bukittinggi atau Bukittinggi City Park dan Taman Burung Tropis atau Tropical Bird Park.tuh buruan kesini sekalian wisata sejarah.

  1. Tempat Wisata Ngarai Sianok

Tempat Wisata Ngarai Sianok salah satu keindahan nyata yang ada di kota Bukit tinggi, letaknya yang ada di tengah kota bukit tinggi semakin menjadi daya pesona tersendiri.

5. Tempat Wisata Ngarai Sianok

Terdapat lembah curam dihiasi sungai dengan aliran airnya yang elok bakal membuat kamu semakin takjub. Selain itu,

Jurang yang mempunyai dalam sekitar 100 meter dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 meter. Bentuk lembahnya memanjang dan berkelok-kelok.

Tempat Wisata Ngarai Sianok ini mempunyai pemandagan yang indah dengan luas yang membentang dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai dengan Nagari Sianok Anam Suku dengan ujungnya di Kecamatan Palupuh.

Waktu yang paling tempat buat kamu kalau mau mendapatkan sensasi yang berberda, ialah ketika subuh menjelang pagi.

Kamu bisa menikmati sensasi menyaksikan kabut yang menyelimuti gunung singgalang yang semakin menepi dan dibawahnya ada pemandangan dan indah dari ngarai sianok.

Untuk mendapatkan pemandangan ngarai sianok terbaik, kamu dapat mengunjungi Taman Panorama yang begitu populer bagi masyarakat setempat.

  1. Tempat Wisata Koto Gadang

Terletak di kawasang Ngarai Sianok, Tak jauh dari Lobang Jepang Bukittinggi. Tempat Wisata Koto Gadang ialah tembok besar versi Indonesia yang lokasinya ada di Kota Bukit Tinggi.

6. Tempat Wisata Koto Gadang

Oleh masyarakat setempat disebut janjang saribu yang artinya tangga seribu, dan oleh pemerintah di permak hingga menjadi mirip dengan tembok besar di cina, dengan bangunan tembok yang tebal hingga menjadikannya mirip dengan salah satu keajaiban dunia tersebut.

  1. Tempat Wisata Museum Baanjuan

Kalau mau mengenal budaya Ranah Minang lebih dalam tak ada salahnya kamu berkunjung ke musium Baajuang. Dulunya  musium ini bernama Bundo Kanduang.

7. Tempat Wisata Museum Baanjuang

Tempat Wisata Museum Baanjuan ini menjadi tempat untuk menyimpan benda-benda sejarah dan budaya Ranah Minang.

Untuk koleksi dari tempat wisata Museum Rumah Adat Baanjuang ini termasuk dalam kategori etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan,  dan sebagainya.

Yang akan bikin kamu kagum saat berkunjung ke musium ini,  jadi dimusium ini ada awetan binatang dengan kondisi fisik langka,

sebagaimana koleksi yang dipajang di vitrin, terdapat kerbau berkepala dua, berkaki delapan, hingga kambing yang bermuka dua.

  1. Tempat Wisata Musium Bung Hatta

Tempat Wisata Musium Bung Hatta merupakan  tempat tinggal atau rumah Bung Hatta. Jadi kalau kamu berkunjung disini kamu bakalan disuguhkan pemandangan yang dulunya menjadi koleksi Bung Hatta,

8. Tempat Wisata Musium Bung Hatta

Diantaranya ialah jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda, sampai dengan tempat tidur.

Nah kalau kamu mau berkunjung ke musium ini, Jadwal buka musium Bung Hatta ialah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu).

Demikianlah ulasan artikel mengenai  8 Tempat Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Bukit Tinggi. selamat berlibur dan semoga hari kamu semakin membahagiakan kawan.

Article Categories:
wisata
banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!