banner
Sep 21, 2019
54 Views
0 0

#10 Tempat Wisata Di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Written by
img

Lumajang ialah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur.  Nama Lumajang sendiri berasal dari sebuah ama tempat “Lamajang” yang diketahui dari penelusuran sejarah, data prasasti, naskah-naskah kuno,

bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya.

Tempat wisata Lumajang sendiri ialah  sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah,

apabila  kamu  ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin kamu  tidak akan kecewa tetapi kamu  akan merasakan senang ketika berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut daftar 10 Tempat Wisata di Lumajang yang wajib harus kamu kunjungi apabila  kamu  sedang berkunjung ke Lumajang.

  1. Tempat wisata Gunung Semeru

Tempat Wisata paling popular  di daerah lumajang ini ya gunung semeru.Tempat wisata  Gunung semeru berada di kawasan taman nasional bromo tengger semeru,

wisata Gunung Semeru

yang merupakan sebuah wilayah  wisata yang berada di antara 4 kabupaten ialah kabupaten probolinggo, kabupaten malang, kabupaten pasuruan, dan kabupaten lumajang.

Jadi bisa dikatakan lokasi dari gunung semeru ini dimiliki oleh keempat kabupaten tersebut. Bagi kamu  pecinta alam atau yang suka mendaki gunung, belum lengkap rasanya apabila  kamu  belum bisa menaklukkan puncak semeru ini.

  1. Tempat Wisata Ranu Pane

Tempat Wisata Ranu Pani ialah tempat  wisata di jawa timur yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (tnbts), sebuah danau hijau seluas 1 hektar.

Wisata Ranu Pane

Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru Mahameru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah.

Selain itu, lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi pecinta Pendakian Ke Gunung Semeru karena danau ranu pane merupakan lokasi (tempat) transit trekking Pendakian Ke Ranu Kumbolo dan jalur hiking ke gunung semeru (3.767m dpl),

dan bisa di katakan jalur melalui ranu pane ini ialah jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi.

  1. Tempat Wisata Pantai Watu Godeg

Tempat Wisata pantai watu godeg terletak di kecamatan tempursari, di wilayah kabupaten lumajang ujung selatan.

Tepatnya di desa bulurejo, ber jarak  8 km dari kecamatan tempursari atau 80 km dari pusat kota lumajang.

Wisata Pantai Watu Godeg

Pantai Watu Godeg Lumajang via Instagram/@dionlucky

Atau jarak tersebut bisa di perpendek dengan adanya jalan tembus pasirian -tempursari jaraknya bisa  diperpendek menjadi 12 km dari kecamatan pasirian.

Pemandangan laut lepas dengan latar belakang bukit serta ditunjang dengan batu besar dipantai apabila terkena ombak seperti bergoyang, godek (geleng kepala). Sehingga membuat suasana menajdi lebiah menyenangkan.

  1. Tempat Wisata Goa Bima

Tempat Wisata Goa Bima terletak di desa Bades Kecamatan Pasirian kurang lebih 8 km jalur timur dan 11 kilo dari jalur barat,

dimana lokasi tersebut merupakan berbatasan antara tiga desa yaitu desa Bades dengan desa Gondoruso dan desa Bago,

wisata goa bima

jarak tempuh bisa lewat dua arah yaitu jalur timur (melewati desa condro, bago dan kajaran) dan jalur barat (pasirian, kalibendo, Bades, Gondoruso, Dampar), semuanya bisa dilalui kendaraaan bermotor.

Tempat  ini masih alami karena belum banyak terjamah dan goa ini diyakini tempat terbaik untuk pertapa dan di dalam goa tersebut dapat dijumpai batu seperti bekas bertapa.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Manggisan

Tempat Wisata Air terjun manggisan terletak di desa kkamu ngan kecamatan, senduro 22 km jarak dari kota lumajang.

Air Terjun Manggisan

IG:@ibent_nugroz

Untuk kamu yang senang dengan hiking, air terjun manggisan cocok sekali, aksesnya masih jalan setapak. Tinggi air terjun ini ada 21 meter.

Tak membahayakan dan sangat menyenangkan untuk mandi disini. Lumajang punya segudang wisata air terjun yang eksotis. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Coban Pawon

Berada  di desa Kertowono kecamatan Gucialit berjarak 20 km dari Kota Lumajang. Keunikan air terjun ini dengan antrukan yang ada di dalam goa menyerupai pawon (tempat memasak),

Air Terjun Coban Pawon

IG : @rosivanartio_

setiap percikannya diyakini dapat membantu penyembuhan kulit. Tempat wisata Air terjun Coban Pawon/Antrukan Pawon Terletak di Ndusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia.

Keunikan air terjun ini ialah antrukannya berada didalam goa yang menyerupai pawon (dapur tempat memasak).

Untuk akses lebih cepat menuju ke lokasi tersebut dari arah utara sebelum Terminal Minak Koncar Lumajang ada pertigaan belok kanan menuju Desa Kertowono.

  1. Tempat Wisata Pemandian Alam Selokambang

Tempat Wisata Pemandian alam selokambang  berada di desa purwosono kecamatan sumbersoko, berjarak dari 7 km ke barat lumajang atau 15 menit perjalanan.

Pemandian Alam Selokambang

IG : @ppuspita_adhitya17

Tempat Wisata Pemandian ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit reumatik. Aktivitas yang dapat dilakukan selain olah raga renang, juga dapat menikmati sarana permainan anak, berperahu, sepeda air, olah raga tenis.

Berbagai macam kedai yang menyajikan makanan tradisional siap untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga disamping itu ditunjang areal parkir yang cukup luas dan representatif

  1. Tempat Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit

Tempat Wisata Perkebunan Teh Kertowono yang berada di Desa Gucialit Kecamatan Gucialit sekitar 20 Km dari Kota Lumajang.

Kebun Teh Kertowono Gucialit

IG : @uun_alv

hamparan kebun Teh yang sangat luas, Pabrik Teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi dengan baik menambah keindahan tempat  wisata ini.

Selain itu, terdapat juga  pabrik  pengolahan gula dan perkebunan tebu milik nusantara yang berada pada kawasan jatiroto yang sudah ada sejak zaman belanda.

  1.  Tempat Wisata Hutan Bambu

Berada  di desa Sumber Mujur kecamatan Candipuro, 30 km dari kota Lumajang.. Luas 14 ha dengan hamparan pohon bambu yang luas,

Wisata Hutan Bambu Sumbermujur

IG : @nisakchoi

juga terdapat banyak kera (untuk kamu  yang ingin menyamakan muka) dan kalong (pteropus vampirus).

Tempat Wisata Hutan Bambu Sumbermujur ini terlihat elok dan sama sekali tidak ada kesan angker seperti apabila  kamu  mendengarnya. Areal sekitarnya terasa sejuk sepanjang hari.

Selama di dalam Pengunjung dijamin tidak akan terkena sengatan sinar matahari, walaupun datang siang hari bolong yang panas. Sorotan matahari bisa diredam oleh daun – daun bambu yang rimbun.Sehingga membuat suasanan menjadi sejuk dan nyaman.

  1. Tempat Wisata Water Park KWT (Kawasan Wonorejo Terpadu)

Tempat Wisata Water Park KWT (Kawasan Wonorejo Terpadu) merupakan kolam renang terbaru di Lumajang yang berada di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) desa Wonorejo, kecamatan Kedungjajang 7 dari Lumajang ke arah utara.

Water Park KWT

IG ; @dindaseptaria

Tempat wisata kolam ini dilengkapi dengan arus air, sarana luncuran dan sarana lain yang menarik. Tak hanya  kolam renang, aktivitas lain yang daat dinikmati ialah kereta gantung, komedi putar dan fasilitas bom-bom car.

Demikianlah artikel yang bisa kami jabarkan mengenai inilah 10 tempat wisata di  lumajang yang wajib dikunjungi yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan  kamu. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

Article Tags:
Article Categories:
wisata
banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *