wisata nganjuk

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Di Nganjuk, Jawa Timur Yang Menakjubkan

Posted on

Nganjuk ialah  salah satu kabupaten kecil yang ada di Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Bonjonegoro sebelah utara, Jombang sebelah timur, Kediri, Ponorogo sebelah selatan, dan Sebelah barat dengan Madiun.

Nganjuk populer dengan dangdutnya, sebut saja lagu Iwak Peyek yang dinyanyikan Nindy Sagita kemudian dipopulerkan oleh Soimah.

Nganjuk memiliki beberapa tempat wisata alam yang indah seperti air terjun dan pegunungan, selain itu juga tedapat museum bersejarah, Baiklah berikut ini beberapa tempat wista di Nganjuk, Jawa Timur yang dapat dijadikan tujuan liburan bersama keluarga, teman, dan pacar.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Sedudo, Nganjuk

Tempat wisata Air Terjun Sedudo atau Grojogan Sedudo merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yang ada di Nganjuk Jawa Timur. Tempat wisata Air terjun ini terdapat di daerah desa Ngliman, kecamatan Sawahan, kabupaten Nganjuk.

1. Tempat Wisata Air Terjun Sedudo, Nganjuk

Tempat Air Terjun Sedudo ini berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut dan memiliki ketinggian air terjun 105 meter.

Tempat wisata ini selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan juga memiliki jalur transportasi yang mudah untuk dijangkau sehingga banyak wisatawan yang kemudian memilih tempat ini sebagai tujuan wisatanya.

Perlu Kamu  ketahui bahwa masyarakat sekitar masih mempercayai bahwa air dari Air Terjun Sedudo tersebut memiliki kekuatan supra natural sehingga ketika bulan Suro di wilayah tempat wisata Air Terjun Sedudo ini banyak di datangi para penduduk Nganjuk dan sekitarnya untuk melaksanakan suatu aktivitas ritual Mandi Sedudo pada setiap tahunnya.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Roro Kuning, Nganjuk

Tempat wisata Air Terjun Roro Kuning merupakan salah satu tempat wisata di Nganjuk yang berada  di desa Bajulan, kecamatan Loceret. Air terjun ini berbeda dari yang lainnya karena air yang jatuh dari atas mengalir merambat melalui bebatuan, oleh karena itulah air terjun ini dinamakan air terjun merambat roro kuning.

2. Tempat Wisata Air Terjun Roro Kuning, Nganjuk

Sementara untuk tinggi air terjunnya sendiri ialah   10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air terjun ini mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus.

Kemudian aliran  air terjun tersebut membentuk trisula. Bila kamu  tertarik untuk datang ke tempat wisata ini, kamu bisa menempuhnya dari Nganjuk, kurang lebih berjarak 30 km ke selatan Nganjuk.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Sumbermanik, Nganjuk

Tempat wisata Air Terjun Sumbermanik ini terletak di desa Blongko, kecamatan Ngetos, kabupaten Nganjuk. Untuk akses menuju lokasi air terjun memang masih sulit tapi Kamu  bisa mengandalkan warga sekitar untuk menemanimu menuju lokasi air terjun.

3. Tempat Wisata Air Terjun Sumbermanik, Nganjuk

Kamu  akan melewati jalan terjal dan berbatu jadi Kamu  harus hati-hati ya. Tetapi , semua rasa letihmu akan terbayar tuntas saat tiba di air terjun setinggi 35 meter tersebut. Air terjun yang berada tepat di lereng bukit Punjul Gunung Wilis ini dijamin seger banget.

  1. Tempat Wisata Candi Ngetos, Nganjuk

Tempat wisata Candi Ngetos merupakan salah satu tempat wisata budaya. Tempat bersejarah seperti candi tak hanya disaksikan di Jawa Tengah saja, Kamu  juga bisa menyaksikan candi bersejarah di daerah Jawa Timur.

4. Tempat Wisata Candi Ngetos, Nganjuk

Tempat wisata Candi Ngetos berada di daerah Nganjuk tepatnya di desa Ngetos, kecamatan Ngetos, berada di bagian selatan kota Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Bangunan candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit pada abad XV. Tempat wisata Candi Ngetos ini juga sebagai tempat pemakaman dari Hayam Wuruk.

Bangunan Candi Ngetos berada di tepi jalan yang beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Menurut bentuknya tempat wisata Candi Ngetos dibuat pada abad XV (ke-15), yaitu pada zaman Kerajaan Majapahit. Secara fisik Candi ini sudah rusak, bahkan beberapa bagian candi sudah hilang sehingga sulit sekali ditemukan bentuk aslinya.

  1. Tempat Wisata Monumen Dr. Soetomo, Nganjuk

Tempat wisata Monumen Dr. Soetomo berada di desa Ngepeh, kecamatan Loceret, Nganjuk. Tempat wisata Monumen Dr. Soetomo ini merupakan tempat kelahiran Dr. Soetomo.

5. Tempat Wisata Monumen Dr. Soetomo, Nganjuk

Bahkan ari-ari beliau diperkirakan tepat berada dibawah patung Dr. Soetomo yang digambarkan sedang duduk menghadap ke selatan. Tempat wisata Monumen Dr. Soetomo yang ada di desa Ngepeh tersebut sebenarnya ialah rumah dari neneknya.

Secara keseluruhan bangunan ini terdiri dari patung Dr. Soetomo, Pendopo induk yang berada di belakang patung, dan bangunan pringgitan.

Untuk gambaran patung dr. Soetomo sendiri berada dalam posisi duduk di kursi dengan tangan diletakkan diatas buku terbuka yang menggambarkan beliau merupakan seorang cendekiawan yang sedang menekuni dan memperdalam ilmu pengetahuan.

  1. Tempat Wisata Pura Kerta Bhuwana, Nganjuk

Jangan meremehkan Pura Kerta Bhuwana ini. Kenapa? Karena Pura ini merupakan Pura tertua di lPulau Jawa. Untuk lokasi  tempat wisata Pura Kerta yang berada di balik lereng Gunung Wilis atau lebih tepatnya Dusun Cukrik, desa Bajulan, kecamatan Loceret, kabupaten Nganjuk, membuat tempat ini cocok banget buat ngadem sejenak.

6. Tempat Wisata Pura Kerta Bhuwana, Nganjuk

Udara yang sejuk dan kondisi sekitar Pura yang senyap cocok banget untuk relaksasi. Bahkan kemolekan arsitektur Pura juga bisa mempercantik foto-fotomu di Instagram loh.

  1. Tempat Wisata Taman Anjuk Ladang, Nganjuk

Tempat wisata Taman Anjuk Ladang berada  di sekitar Stadion olahraga Anjuk Ladang, sekitar 2 km arah selatan pusat kota Nganjuk. Tempat wisata Taman Anjuk Ladang merupakan taman yang rindang dan sejuk, dan memiliki fasilitas mainan anak seperti Jogging track dan perkemahan.

7. Tempat Wisata Taman Anjuk Ladang, Nganjuk

Tempat wisata Taman Anjuk Ladang juga memiliki koleksi hewan seperti rusa, monyet, burung, dan lain sebagainya. Oleh sebab  itu sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga.

Tempat wisata Taman Anjuk Ladang ini berada di daerah sekitar stadion anjuk lading. Taman yang bersih ini bisa menjadi tempat jogging dan jalan-jalan bersama keluarga. Terdapat mainan anak-anak dan juga koleksi hewan seperti rusa dan lainnya. Kamu  pun bisa berfoto di sana bersama keluarga.

  1. Tempat Wisata The Legend Water Park, Nganjuk

Tempat wisata di Nganjuk yang pertama ialah  sebuah kolam renang bernama The Legend Waterpark, lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan jalur Surabaya – Madiun. Waterpark di Nganjuk ini cukup luas dan menyediakan berbagai macam kolam serta wahana permainan air.

8. Tempat Wisata The Legend Water Park, Nganjuk

Tempat wisata Air ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air seperti Racing Slide, Spiral Slide, Kolam Ombak, Food Court, Futsal, Lazzy River, KIos Souvenir, Kolam Renang Standart Internasional, Panggung Hiburan, Kids Pool, BIoskop 4D,  Rumah Hantu, dll.

Dengan lokasi yang sangat strategis di tepi jalan raya Surabaya – Solo sekitar 5 km arah Barat kecamatan Kertosono tentu memudahkan Kamu  yang ingin berkunjung bersama keluarga.

Nah, sekian ulasan artikel yang dapat dijabarkan mengenai  rekomendasi 8 tempat wisata di nganjuk, jawa timur yang menakjubkan , semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *