banner
Sep 22, 2019
45 Views
0 0

#7 Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Wajib Dikunjungi

Written by
img

Lelahnya berkerja membuat suasana hati menjadi kacau, tidak terkendali. Apalagi dengan susana kota yang penuh akan sesak, polusi, serta kekacauan lain.

Belum lagi dengan partner kerja yang kurang bersahabat membuat tekanan hidup makin terasa.

Nah, maka dari itu beristirahat sejenak mengurangi aktifitas seperti berlibur berwisata menjadi obat mujarab mengurangi kekacauan dan kejenuhan rutinitas kerja.

Dari beberapa destinasi wisata indonesia tersebut salah satunya yang kini menjadi perbincangn traveler adalah wilayah sukabumi beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

 

  1. Jembatan Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung merupakan jembatan gantung terpanjang, yang berada di tengah hutan, di Asia Tenggara.

1. Jembatan Situ Gunung

Jembatan gantung ini diklam menjadi jembatan gantung terpajang di jawa barat Membentang sepanjang 243 meter, dengan lebar 1,8 meter, dan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah.

Jembatan ini berlokasi di Taman Wisata Alam Situ Gunung daerah Sukabumi Jawa Barat yang telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata selama bertahun-tahun dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sebelum ditetapkan sebagai TNGGP, kelompok hutan tersebut ditetapkan sebagai zona inti Cagar Biosfer Cibodas oleh UNESCO pada Tahun 1977.

Jembatan Gantung Situgunung pertama kali dibangun di pertengahan tahun 2017 dengan pembangunan manual melibatkan warga lokal dan tenaga ahli dari Bandung.

dengan tidak menggunakan peralatan berat ataupun mekanik, pembangunan jembatan ini selesai dalam kurun waktu 4 bulan.

Keberadaan Jembatan Gantung Situgunung diharapkan berpengaruh positif bagi warga sekitar.

Peran mereka tidak dapat terlepas, mulai dari membangun sampai dengan peran menjalankan fasilitas dan piranti pendukung jembatan panjang itu.

Melihat pesona dari atas jembatan membuat mata terpana dengan pesona alam yang luar biasa. Yuk ke tempat wisata sukabumi

2. Danau Batu Bacan

Setelah menikmati pesona alam luarbiasa dari jembatan terpanjang di jawa barat .kami ajak kamu melihat keunikan dari tempat wisata danau batu bacan selain dari warna danau yang unik namun danau ini tidak memiliki air resapan yang keluar dari sekelilingnya.

2. Danau Batu Bacan

Dari legenda yang diceriakan ternyata air ini berassar dari air hujan yang ditampung selama bertahun-tahun terletak di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat.

Warga yang begitu ramah menambah daya tari dari danau ini dengan airnya yang berwarna hijau dikarenakan bebatuan berwarna hijau yang terkena pantulan sinar matahari.

Karena keunikannya, Danau Batu Bacan juga dikenal dengan Danau Hijau. Meski begitu, danau ini nyatanya bukan tempat wisata, melainkan lahan tambang zeolit.

Keindahan danau yang membentang bisa teman teman dapat dengan gratis tanpa dipungut biaya. Indahnya tempat wisata sukabumi

  1. Kampung Ciptagelar

Selain berwisata sukabumi juga menawarkan kearifan budaya lokal yang masih asri salah satunya adalah di Kampung Ciptagelar.

3. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang terletak Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Kekentalan budaya yang masih terjaga selama lebih dari 650 th berdiri sejak1368 kampung yang berada di ketinggian 1.050 mdpl dengan suhu 20oC- 26oC. Desa yang berada di kawasan pedalaman Gunung Halimun-Salak yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun.

dan Gunung Salak yang bernama Kampung Gede Kasepuhan Cipta Gelar dan dikelilingi oleh gunung Gunung Surandil, Gunung Karancang, dan Gunung Kendeng.

Kata kasepuhan sendiri berasal dari kata sepuh dengan awalan ‘ka-‘ dan akhiran ‘-an’ yang dalam Sunda berarti ‘kolot’ atau ‘tua’. Secara harafiah, kasepuhan dapat diartikan sebagai tempat tinggal sesepuh atau mereka yang dituakan.

Bisa teman teman bayangkan masih kentalnya nuansa tradisi yang masih terjaga di salah satu keindahan tempat wisata daerah sukabumi.

  1. Gua Buniayu

Tak hanya langit dan pengunungan yang indah sukabumi menawarkan sebuah tempat fantastis dengan suasana dingin eksotis bak nuansa tempat si buta dari gua hantu dia adalah Gua Buniayu.

4. Gua Buniayu

Objek wisata yang dapat ditempuh dari pusat kota sukabumi dengan 45 menit ini memiliki tiga buah gua yang masing-masing memiliki tantangan tersendiri dengan luas 10 hektar .

Namun, kamu hanya bisa memasuki dua dari tiga gua saja yang terbuka untuk umum. hanya perlu membayar Rp. 5 ribu, tergantung dengan paket jelajah gua yang kamu pilih.

Keistimewaan stalakmit, stalaktif, garundam serta ornamen lainnya akan menyilaukan mata. Dan teman-teman tak perlu risau karena ada seorang pemandu yang siap mendampingi untuk menyusuri keindahan tempat wisata ini.

  1. Pantai Cicaladi

Bila teman teman ingin menikmati hempasan air hijau dihiasi dengan bebatuan yang khas. Maka wajib singah di tempat wisata sukabumi yang satu ini dia adalah

5. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. Pantai Cicaladi yang terletak di Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Bara, yang memiliki daya tarik baru dikalangan wisatawan memiliki jarak 100 km saja dari pusat kota Sukabumi.

Untuk menuju pantai ini juga teman teman akan disuguhi pemandangan alam yang menajupkan. Banyak yang sudah menjumpai pantai ini dengan mengatakan bahwa pantai sangat bagus dalam pemandangan,

indah dalam pesona, nyaman dalam kerinduan, aman dalam pengawasan. Selain itu, pemandangan sunset dari pantai ini juga sangat indah. Pantai ini juga terlihat asri karena belum banyak pengunjung yang datang.

  1. Tebing Panenjoan

Kita selalu rindu akan warna hijau alami yang dihasilkan oleh daun pepohonan yang masih terjaga tanpa di campuri oleh tangan manusia hal tersebut mudah di temukan di tempat wisata sukabumi

6. Tebing Panenjoan

selanjutnya yaitu tebing panenjoan yang terletak di kawasan Geopark Ciletuh pelabuhan ratu ini dikenal memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dari atas ketinggian dan wajib dikunjungi saat weekend.

Tebing ini merupakan perpaduan antara tebing, laut, pantai,hutan, air terjun dan persawahan. Dengan ketinggian 250 meter dpl, dengan pemandanyan tiga desa yaitu Desa Ciwaru,

Desa Mandra Jaya dan Desa Mekar Sakti. Alam nan asri dan udara sejuk yang ditawarkan tempat ini membuat setiap pengunjung engan beranjak memberikanmu foto menarik dengan pemandangan yang menakjubkan saat senja tebing ini menawarkan keindahan tiada tara yang terjaga alami.

  1. Curug Cikaso

Membicarakan tentang air terjun maka indonesia memiliki banyak sekali pilihan dan refrensi salah satu yang paling di kenal di tempat wisata sukabumi adalah  Curug Cikaso.

7. Curug Cikaso

Pesona curung yang terletak di kampung Ciniti, tepatnya di cibitung kecamatan surade, kabupaten sukabumi, jawabarat. Terdapat 3 titik aliran dari Curug cikaso.

Titik curahan pertama disebut Curug Aseupan, dan selanjutnya Curug Menong dan Curug Aki. Curug Cikaso mempunyai ketinggian 80 m.

Lebar dari curug ini adalah 100 m, yang dibagi menjadi beberapa aliran air terjun. Curug Cikaso bermuara di Muara Tegal buleud Kabupaten Sukabumi.

Anda akan melihat pesona keindahan dari limpahan tiga air terjun yang indah bersanding dengan  pepohonan yang begitu asri dan memukau.

Air dari curuk ini berwarna biru kehijauan dengan kedalaman hampir 15 meter dengan jarah dari pusat kota sukabumi 110 m dengan harga tiket per mobil 27 ribu .Tertarik untuk berkunjung ? yuk berwisata.

Article Tags:
Article Categories:
wisata
banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *