wisata

#7 Tempat Wisata di Tuban Yang Layak Dikunjungi Wisatawan

Tuban ialah kabupaten yang berada di ujung utara Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sebab lokasinya di pesisir pantai utara Jawa Timur, Tuban ialah daerah panas.

Yang populer dari Tuban ialah minum khasnya yaitu Toak, orang-orang menyebutnya Toak Tuban. Minuman ini terbuat dari hasil penyulingan pohon aren, walaupun rasanya seperti minuman keras namun tidak memabukkan.

Hampir disepanjang jalan pantai urata (pantura) ditemui orang yang jualan Toak Tuban. Dibalik panasnya suhu udara dan wisata religi, ternyata Tuban memiliki berbagai macam tempat wisata yang cukup layak dikunjungi diantaranya wisata pantai, makam, air terjun, masjid, dan goa.

Berikut ini akan dibahas 7 tempat wisata di tuban yang layak dikunjungi wisatawan  yaitu :

  1. Tempat Wisata Pantai Boom, Tuban

Pada saat memasuki wilayah pintu masuk Pantai Boom, Kamu  akan menemukan pintu masuk pantai yang berbentuk seperti layar perahu yang dihiasi juga dengan hamparan taman.

1. Tempat Wisata Pantai Boom, Tuban

Di taman bagian depan ini terdapat dua bangunan berbentuk pendapa dengan prasasti berada di dinding bangunan tentang sejarah Pantai Boom Tuban di Masa Lampau yang mempunyai peranan penting sebagai jalur pelayaran niaga dan pelabuhan pada masa kerajaan Airlangga, Singasari , Majapahit dan masa awal syiar Islam di Tanah Jawa.

Pada saat Kamu  masuk pintu gerbang utama untuk membeli karcis akan ditawarkan karya arsitektur luar biasa berupa relief tentara tar tar disebelah kiri gerbang dan relief ronggolawe disebelah kanan gerbang.

Baru dipintu gerbang saja, sudah banyak hal menarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Tidak jauh dari pintu masuk terdapat sumber air tawar yang mengalir terus menerus. Konon sumur tua merupakan peninggalan belanda , tapi ada juga yang mengatakan ini merupakan peninggalan wali.

Di dalam wilayah pantai, Kamu  akan menjumpai taman-taman asri yang dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang. Disini Kamu  bisa melakukan jogging atau berjalan-jalan sekedar menikmati suasana pantai.

Di sekitar pantai terdapat jalan yang menjorok ke laut. Jalan ini bisa Kamu  gunakan untuk menikmati panorama laut. Di tempat wisata ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa Kamu  gunakan untuk melihat pemandangan saat matahari terbit ataupun terbenam. Sangat menakjubkan.

  1. Tempat Wisata Pantai Sowan, Tuban

Tempat Wisata Pantai Sowan berada di tepi jalan Pantura, tepatnya di dusun Sowan, desa Bogorejo, kecamatan Bancar, kapupaten Tuban, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota. Ketika tiba di pintu masuk tertulis Wana Wisata Sowan, dan setiap pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket sebesar Rp 3.000/ orang.

2. Tempat Wisata Pantai Sowan, Tuban

Tempat wisata pantai ini memiliki luas kurang lebih 32 hektar. Di kawasan wisata Sowan wisatawan tidak hanya bisa menikmati panorama alam pantai, tetapi juga pesona hijaunya hutan yang tampak asri.

Berbagai macam tanaman yang ada di hutan ini antara lain klampis, jati, waru, akasia, mahoni, randu,  dan lain-lain. Sedangkan beberapa fauna yang dapat dijumpai di pantai ini antara lain burung perkutut, burung jalak, burung cendet,  burung prenjak, musang, burung kutilang, biawak, dan sebagainya.

Selain itu, berbagai macam fasilitas penunjang lain yang juga tersedia di sini ialah penginapan, warung makan, mushola, area bermain, dan kamar mandi. Lengkap kan.

  1. Tempat Wisata Goa Akbar, Tuban

Tempat Wisata di Tuban ini berada di bawah Pasar Baru Tuban, sehingga suasanya cukup ramai. Dahulu goa ini merupakan tempat tinggal R.M. Sahid (Sunan Kalijogo). Kemudian beliau memberitahukan lokasi goa kepada Sunan Bonang. Sekarang ini, tempat wisata Goa Akbar telah dikelola dengan baik.

3. Tempat Wisata Goa Akbar, Tuban

Dari pihak pengelola sudah memfasilitasi goa dengan alat penerangan sehingga para wisatawan bisa melihat stalagmit dan stalaktit dengan lebih jelas.  Selain itu, terdapat juga jalur yang telah dipaving dan dibatasi oleh pagar stainless steel, sehingga akan memudahkan setiap pengunjung menelusuri tiap-tiap sudut goa.

Beberapa hal yang akan dijumpai oleh para wisatawan di dalam Goa Akbar selain stalagmit dan stalaktit antara lain musholla, tempat wudhu, kolam ikan air tawar, Paseban Wali, dan lain-lain. Untuk  harga tiket masuk Goa Akbar yaitu sebesar Rp 5.000/ orang.

  1. Tempat Wisata Goa Putri Asih, Tuban

Untuk menempuh perjalanan kesini memang cukup sulit, karena Kamu  harus melewati hutan dan menempuh perjalanan yang menanjak dan berkerikil sepanjang 2 km.

4. Tempat Wisata Goa Putri Asih, Tuban

Tapi jangan khawatir, perjalanan yang melelahkan itu akan terhapus dengan keindahan panorama alami gua ini. Goa ini populer dengan berbagai macam ornamen batu didalamnya.

Ornamen-ornamen itu diantaranya ornamen stalaktit, stalakmit, gordyn (ornamen batu karena tetesan air yang sangat tipis hingga membentuk menyerupai kelambu atau selendang), pillar (penyangga dari ruang kedua dan ketiga), heksentrik, soda strav, helektit,  flow stone, (batu yang tumbuhnya dari stalaktit yang tumbuh menyamping), dan calcite floor. Tempat wisata Goa Putri Asih ini memiliki 9 ruangan dengan pesona ornamen bebatuan yang beragam.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Nglirip, Tuban

Tempat wisata di Tuban ini dikenal dengan nama Air Terjun Nglirip atau Grajagan Nglirip. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter dengan lebar mencapai kurang lebih 28 meter.

5. Tempat Wisata Air Terjun Nglirip, Tuban

Air yang mengalir di wilayah tempat wisata ini berasal dari Hutan Krawak yang berjarak kurang lebih 3 km dan menyatu di dalam sebuah dam.

Berbagai macam  fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain shelter, dan kedai makanan. Bagi Kamu  yang ingin berkunjung, Air Terjun Nglirip berada di desa Mulyoagung, kecamatan Singgahan, kabupaten Tuban.

Lokasinya cukup strategis karena berada tidak jauh dari jalan utama. Tanpa harus menuju ke tepi air terjun, para wisatawan  bisa menikmati pesonanya dari sebuah jembatan kecil yang berada di tepi jalan.

  1. Tempat Wisata Museum Kambang Putih, Tuban

Tempat wisata Museum Kambang Putih berada di pusat kota dan berdekatan dengan Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang, dan Town Square. Tempat wisata di Tuban ini berlokasi di Jln. Kartini, Nomor 3.

6. Tempat Wisata Museum Kambang Putih, Tuban

Tempat wisata Museum dibuka pada hari Selasa s.d. Minggu  dimulai dari pukul 07.00 s.d. 14.00 WIB, kecuali hari Jum’at museum akan ditutup pada jam 11.00 WIB, dan di hari Sabtu museum akan tutup pada jam 12.00 WIB.

Museum Kambang Putih libur pada hari Senin dan Hari Besar Nasional. Beberapa koleksi yang terdapat di Museum Kambang Putih diantaranya ialah uang kuno, wayang golek, aneka benda pubakala, wayang kulit, barongsai, dan sebagainya.

  1. Tempat Wisata Pemandian Bektiharjo, Tuban

Berbeda dengan kolam renang atau pemandian lain, air di pemandian ini berasal dari mata air alami. Dikawasan ini ada dua buah kolam yaitu sendang lanang dan sendang wadon. Bahkan sendang wadon difungsikan sebagai kolam renang berstandar nasional.

7. Tempat Wisata Pemandian Bektiharjo, Tuban

Disini juga ada fasilitas kolam renang buat anak dengan seluncuran dan permainan lain. Jadi pemandian ini sangat nyaman untuk tempat berlibur bersama keluarga dengan membawa anak-anak.

Pada zaman dulu, warga sekitar percaya bila sumber Air Panas Prataan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, gatal-gatal, encok, rematik, dan berbagai penyakit lainya. Bahkan banyak sekali orang-orang dari luar kota yang datang kesini untuk menguji khasiatnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!